Pertimbangan Saat Memilih Virtual Office Indonesia

Pertimbangan Saat Memilih Virtual Office Indonesia

Mengapa banyak pelaku bisnis start-up yang mulai melirik kehadiran virtual Office Indonesia? Sebagai ibukota negara sekaligus pusat perekonomian, Jakarta memang seolah menjanjikan peluang bisnis yang lebih besar. Itu sebabnya anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa virtual office Jakarta nantinya.

Oleh karena itu, banyak yang memulai mimpi dan cita-citanya dari kota metropolitan ini dengan membangun bisnis mereka menggunakan virtual office atau VO yang bisa menjadi solusi terbaik mereka. Sekecil apapun sebuah bisnis, kantor tetap menjadi bagian penting, walau itu kantor hanya berupa virtual untuk memberikan kesan profesional dan memenuhi kebutuhan surat menyurat bagi bisnis yang mereka jalani nantinya.

Pengertian Virtual office Indonesia

Sebab, keberadaan kantor menjadi salah satu syarat wajib, apabila ingin mengurus legalitas usaha. Tanpa adanya alamat kantor, permohonan yang Anda ajukan akan ditolak secara otomatis.

Bagaimana, tertarik menyewa virtual office untuk menunjang bisnis? Tunggu dulu, karena virtual office sedikit berbeda dengan penyewaan gedung perkantoran yang ada wujud fisiknya.

Sesuai nama yang tersemat, virtual office adalah kantor yang lokasinya berada di dunia maya. Sebagai penyewa, Anda hanya mempunyai alamatnya saja, tetapi tidak dengan ruangan di gedung tersebut.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Virtual Office

Meski hanya membutuhkan alamatnya saja, bukan berarti Anda bisa menyewa VO secara sembarangan. Paling tidak, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini, agar semakin banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh:

1. Lokasi Kantor

Keberadaan lokasi kantor merupakan salah satu faktor krusial dalam bisnis, meskipun itu hanya bersifat virtual. Anda memang tidak akan datang ke kantor setiap hari, tetapi alamat tersebut akan tercantum pada dokumen-dokumen penting.

Misalnya proposal untuk pengajuan kerjasama, kolom kontak di akun media sosial dan website, hingga dokumen legalitas usaha. Dengan lokasi yang strategis, setidaknya image dan kepercayaan masyarakat akan meningkat.

2. Fasilitas

Namanya bisnis, mungkin saja suatu hari nanti Anda membutuhkan tempat untuk rapat dengan para kolega. Maka dari itu, pilihlah tempat sewa virtual office Indonesia yang menyediakan fasilitas lengkap.

Bukan hanya ruang rapat saja, tetapi juga fasilitas pendukung bisnis yang lainnya, seperti ruang tunggu serta penyelenggaraan event. Dengan begitu, kapanpun Anda butuh, tidak perlu lagi bersusah-payah untuk mencarinya.

3. Syarat dan Ketentuan

Sudah sewajarnya, jika pihak pemilik gedung akan memberi syarat dan ketentuan khusus bagi para calon penyewa. Namun, carilah tempat sewa yang tidak mengajukan terlalu banyak persyaratan.

Pastikan setiap syarat tidak memberatkan atau bahkan merugikan Anda, sebagai pihak penyewa. Jika memang ada poin-poin yang belum dimengerti, segera tanyakan kepada pemilik gedung.

4. Perizinan

Agar proses legalitas usaha segera disetujui, pastikan kantor pada alamat yang tertera tidak memiliki kendala dalam hal perizinan. Mulai dari izin lingkungan, IMB atau Izin Mendirikan Bangunan, hingga kesesuaian dengan KBLI.

Jika gedungnya saja sudah bermasalah, Anda tidak perlu berharap lebih atas pengajuan dokumen usaha. Sebaliknya, perizinan yang lengkap akan turut mempercepat proses legalitas.

5. Status PKP

Status PKP atau Pengusaha Kena Pajak wajib menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jasa sewa virtual office. Sebab, tidak sedikit virtual office yang ternyata tidak memiliki PKP dari kantor pajak.

Jika gedungnya saja tidak bisa mendapatkan PKP, besar kemungkinan nasib yang sama akan berlaku bagi pihak penyewa. Daripada Anda membuang dana sia-sia, alangkah lebih baik tanyakan statusnya terlebih dahulu.

6. Harga

Pertimbangan terakhir yang tidak kalah penting ialah harga untuk menyewa kantor virtual. Untuk mendapatkan harga terbaik, sebaiknya Anda melakukan survei ke lapangan dulu atau membuat tabel perbandingan.

Caranya bisa dengan mencari informasi melalui media sosial atau langsung bertanya pada orang-orang yang sudah pernah menyewa VO tersebut. Jika memungkinkan, pilihlah yang menyediakan beragam pilihan pembayaran.

Dalam beberapa kondisi, virtual office Indonesia memang lebih menguntungkan, terutama jika Anda masih pemula. Kuncinya, jangan malas mencari referensi untuk mendapatkan fasilitas terbaik dengan harga bersaing.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *