Panduan Cari Sewa Kantor Di Jakarta
Perusahaan membutuhkan kantor agar semua hal bisa dikerjakan secara fokus. Tidak hanya itu, pengawasan terhadap kerja karyawan juga menjadi semakin baik dan terpusat. Seperti ulasan tentang panduan cari sewa kantor Jakarta yang akan kami ulas dibawah ini.
Karena kebutuhan terhadap kantor menjadi sangat penting bagi banyak jenis badan usaha. Bila Anda adalah pemilik badan usaha dan sedang mencari sewa ruang kantor di Jakarta yang terbaik, maka berikut panduan singkat untuk Anda.
Panduan pertama: lokasi
Saat mencari sewa kantor di Jakarta, sangat penting Anda memperhatikan lokasinya. Di mana lokasi kantor Anda akan berpengaruh pula pada penilaian klien terhadap perusahaan Anda. Kantor kecil namun berada di wilayah yang ekslusif, yakni wilayah perkantoran tentunya akan memiliki nilai lebih ketimbang kantor besar di tengah perumahan warga.
Pertimbangan lain adalah jarak tempuh atau lokasi kantor. Anda tidak bisa melupakan bahwa para karyawan mesti menempuh jarak yang jauh ke kantor Anda. Apalagi bila akses transportasinya sulit. Tentunya akan membuat kantor Anda kesulitan mengembangkan bisnis.
Karena itu, lokasi yang strategis, bergengsi, serta mudah ditempuh menjadi pilihan yang tepat untuk kantor Anda.
Panduan kedua: harga
Setelah menemukan kantor yang lokasinya strategis, maka pertimbangan berikutnya adalah sewa dari ruang atau bangunan tersebut. Anda bisa cek atau analisis terlebih dulu berapa batas harga wajar untuk sewa perbulan atau per tahun dari ruang kantor. Apabila ternyata harganya melewati batas kewajaran, Anda perlu mencari yang lain.
Anda bisa juga memanfaatkan situs tertentu, seperti Menara Office misalnya, untuk mencari tahu harga dari sewa kantor Anda. Jadinya, Anda bisa mempersiapkan dan memperhitungkan berapa budget yang mesti dikeluarkan untuk biaya sewa kantor di Jakarta.
Panduan ketiga: fasilitas
Apa saja yang sudah ada di dalam kantor yang Anda sewa? Akan sangat baik bila sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kinerja dan produktivitas perusahaan Anda. Misalnya, sudah ada jaringan internet, jalur telepon, serta kursi dan meja. Jadinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk pemasangan dan sebagainya.
Kadang-kadang ada kantor yang biaya sewanya terlampau murah, namun mulai dari listrik Anda sudah mesti memasang terlebih dulu. Anda juga mesti melengkapi lampu, meja, kursi, dan sebagainya untuk kerja Anda. Tapi, ada kantor lain yang biayanya tampak lebih tinggi, tapi Anda tinggal masuk saja karena fasilitasnya sudah lengkap.
Panduan keempat: lingkungan sekitar
Akan sangat baik bila lingkungan di sekitar kantor Anda juga mendukung kinerja karyawan. Bayangkan saja misalnya bila kantor Anda yang urusannya bisnis digital, bersebelahan dengan kerja las besi atau kerja kontruksi yang membuat suara bising.
Tentunya, hal tersebut membuat Anda dan para karyawan akan sulit bekerja dan berkonsentrasi dengan baik. Ditambah lagi, hal tersebut berdampak pada berkurangnya produktivitas perusahaan Anda.
Akan lebih baik bila lokasi kantor Anda justru berdekatan dengan usaha yang mendukung. Mulai dari fotocopy, percetakan, kedai kopi, supermarket, dan sebagainya. Jadi, lingkungan sekitar kantor Anda adalah pertimbangan yang cukup penting untuk dipikirkan.
Panduan kelima: luas ruangan
Bila biayanya murah, namun ruangan hanya sebesar 2×2 meter, tentunya akan menyulitkan Anda. Apalagi, tidak ada ruangan untuk meeting, atau tidak ada ruang tamu untuk menyambut klien yang datang. Pertimbangkan banyak hal tersebut sebelum memilih ruang yang tepat untuk kantor Anda.
Tidak hanya itu, Anda juga bisa mempertimbangkan ada ruangan sisa yang bisa digunakan sebagai gudang penyimpanan bila usaha Anda memerlukannya.
Panduan keenam: keamanan
Keamanan bagi para pekerja, juga keamanan bagi inventaris perusahaan Anda adalah pertimbangan utama juga. Tidak hanya CCTV untuk menjaga kantor Anda dari kemalingan, tapi juga keamanan yang dibutuhkan seperti sensor kebakaran dan alat-alat pemadam kebakaran lainnya.
Juga sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan bantuan lain seperti satpam atau security, kotak P3K, dan sebagainya.
Itu tadi beberapa panduan untuk Anda yang sedang mencari sewa kantor Jakarta terbaik. Tapi ingat, selalu pentingkan kebutuhan atau keperluan, ketimbang keinginan. Kadang-kadang banyak badan usaha yang terjatuh bangkrut karena terlalu banyak mementingkan keinginan dan membangun kantor besar-besaran. Padahal, keuangan kantor masih belum cukup untuk itu, dan terlalu memaksakan diri.
1 Comment
Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks!
Add Comment