Berapa Kisaran Biaya Sewa Kantor Di Jakarta
Bila Anda sedang mencari sewa kantor di Jakarta, tentunya Anda perlu mempertimbangkan berapa budget dari ruang kantor yang akan Anda sewa. Biasanya, besar dari ruangan kantor akan memengaruhi berapa biaya sewa kantor di Jakarta. Apalagi, Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia lainnya sudah dikenal dengan biaya operasionalnya yang cukup tinggi.
Kantor yang bisa Anda cari di Jakarta mulai dari kantor untuk satu orang (private office), hingga kantor berukuran besar untuk banyak orang. Luas ruang yang sering disewa, mulai dari 10 meter persegi (2×5 meter) yang biasanya digunakan untuk kantor dengan jumlah pegawai yang sedikit.
Sedangkan ukuran paling besar untuk ruang atau bangunan yang biasa disewa sebagai kantor ialah 1000 meter persegi (25×40 meter) yang biasanya digunakan oleh perusahaan yang sudah cukup bonafid dan memiliki banyak pegawai.
Nah, bila Anda sedang mencari sewa kantor untuk perusahaan Anda di Jakarta, maka berapa biaya sewa kantor rata-rata di ibukota ini?
Untuk menjawab pertanyaan ini, kita sederhanakan dulu bahwa ruang kantor yang disewa menjadi tiga, yakni ruang kecil, ruang sedang, dan ruang besar.
Ruang kecil ialah kantor dengan luas maksimal 30 meter persegi. Mulai dari ruang berukuran 10 meter persegi yang biasanya panjangnya 5 meter dan lebarnya 2 meter, atau 2,5 meter dengan panjang 4 meter. Ruang tersebut biasanya kantor untuk satu orang, dengan biaya sewa relatif ringan mulai dari Rp1.500.000 per bulan dengan demikian, per tahun biayanya biasanya mencapai Rp18 jutaan hingga 20 jutaan.
Ukuran di atas ruang tersebut ada ruang dengan luas 20 meter persegi atau 4×5 meter (PxL). Tentunya, ruang ini juga ditujukan untuk private office, dengan sewa per orang. Sampai di atasnya lagi ruang dengan luas sekitar 30 meter persegi.
Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa ruang kecil ialah ruang kantor untuk kantor paling banyak 3-4 orang karyawan dan ukurannya relatif kecil. Sewanya mulai dari Rp18 jutaan hingga Rp80 jutaan per tahun.
Setelah itu ada ruang sedang, dengan ukuran luas mulai dari 40 meter persegi (biasanya 5×8 meter) hingga 200 meter persegi (20×10 meter). Biasanya, hanya ada tiga atau empat bagian/ruang paling maksimal dari ruang kantor yang satu ini.
Ruang kantor sedang ini ditujukan untuk kantor yang minimal punya 5 karyawan dengan batas maksimal karyawan biasanya berkisar di angka 25 orang. Untuk ruang kantor sedang ini, biaya sewanya biasanya mulai dari Rp100 juta per tahun hingga Rp350 juta per tahunnya.
Bila Anda mencari sewa ruang kantor di Jakarta dengan karyawan mulai dari 5 orang hingga 25 orang, maka kantor ukuran sedang ini bisa menjadi pertimbangan Anda.
Terakhir ada ruang besar, dengan jumlah pegawai minimal 25 orang (di luar atasan/pemilik). Ukurannya mulai dari 300 meter persegi, sampai 1000 meter persegi. Umumnya, ruangannya cukup banyak, dan memiliki ruang meeting. Dengan ukuran seperti itu, tentunya perusahaan yang menyewa ruang besar ini juga merupakan perusahaan yang besar.
Biaya sewanya juga cukup tinggi, mulai dari minimal Rp500 juta per tahun. Untuk angka maksimal, bahkan ada yang di atas Rp1 Miliar per tahunnya. Tentu, melihat biaya sewa kantor tersebut, berarti omzet perusahaan tersebut juga mesti jauh di angka tersebut. Umumnya, yang memengaruhi harga, selain besarnya ruangan, ialah lokasinya yang strategis.
Itu tadi sedikit bayangan bila Anda sedang mencari sewa ruang kantor di Jakarta. Anda bisa mempertimbangkan Menara Office yang menawarkan serviced office murah dan virtual office dengan layanan ruang meeting dengan harga yang terjangkau. Tentunya, bisa Anda pertimbangkan pula ruang kantor yang Anda butuhkan dengan budget yang Anda miliki.
Add Comment