Bekerja Lebih Produktif di Coworking Space, Ini Tipsnya
Bekerja di coworking space alias ruang kerja bersama memang sekilas tampak seperti sedang berkumpul bersama, bahkan tak jarang terlihat seperti sedang nongkrong bersama. Para freelancer, pekerja dan sebagainya berada di ruang kerja yang sama, bekerja bersama-sama, dan tak jarang akan menjadi patner bisnis.
Namun, harus dicatat pula karena kondisi yang begitu santai dan cair tersebut, coworking space juga bisa membuat Anda menjadi kurang efektif dan efisien ketika bekerja. Ingin bekerja lebih produktif di Coworking space dan hasil yang baik? Ini berbagai tipsnya untuk Anda.
Pertama, jaga waktu dan tenaga. Ketika berada di coworking space, Anda yang punya rule dan aturan terhadap diri Anda sendiri. Karena itu, patuhi aturan yang Anda buat sendiri. Misalnya, Anda bekerja dari pukul 08.00 pagi lalu istirahat di pukul 12.00 siang. Baru masuk lagi kerja pukul 13.00. Patuhi jadwal Anda sendiri dan pastikan jangan memaksa bekerja melebihi jadwal. Bila Anda istirahat sebelum waktunya, atau sebaliknya hanya bekerja melulu tanpa istirahat, tentunya dampak yang buruk akan didapatkan tubuh Anda sendiri.
Kedua, manfaatkan semua fasilitas yang ada di Coworking space dengan maksimal dan optimal. Bila ada WiFi, manfaatkan sebaik-baiknya dan dengan tepat. Jangan malah menghabiskan waktu Anda berselancar di internet untuk hal yang tidak jelas. Atau, mungkin Anda terlalu lama dengan sosial media, yang membuat waktu untuk bekerja menjadi berkurang. Apa saja teknologi terbaru yang bisa Anda manfaatkan, maka manfaatkan dengan seoptimal mungkin. Pastikan juga, harga yang Anda bayarkan itu sesuai dengan fasilitas yang Anda dapatkan di coworking space.
Ketiga, kenali sebanyak-banyakkan rekan yang bekerja di ruang kerja yang sama. Sangat tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang tersebut justru akan menjadi rekan bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Atau, kalaupun tidak mnguntungkan secara “langsung”, siapa tahu lewat mereka Anda justru akan menemukan lebih banyak peluang yang akan menguntungkan Anda.
Keempat, buat diri Anda senyaman mungkin di coworking space tersebut. Jangan sampai Anda tersiksa sendiri karena tidak nyaman. Cari satu sudut tertentu di ruangan besar itu yang paling pas untuk suasana kerja Anda sendiri. Misalnya di tempat-tempat yang tidak begitu bising, tidak terlalu berdekatan dengan pekerja lain, dan sebagainya.
Kelima, patenkan waktu pulang Anda. Jangan sampai terlalu asyik menghabiskan waktu di suatu coworking space, hingga Anda memilih lebih lama duduk di sana padahal sudah selesai waktu kerja. Hasilnya, Anda justru akan buang-buang uang percuma. Tapi, jangan pula tidak digunakan, karena itu juga membuat pengeluaran uang untuk menyewa coworking space menjadi sia-sia.
Itu tadi beberapa tips agar tetap efektif dan efisien, sekaligus produktif bekerja di coworking space. Tentunya, bisa Anda manfaatkan untuk hasil terbaik. Untuk informasi jasa sewa coworking space Jakarta, bisa menghubungi kami.
1 Comment
Can you be more specific about the content of your article? After reading it, I still have some doubts. Hope you can help me.
Add Comment